SUMEDANGKAB.GO. ID, KOTA - Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang menggelar peluncuran kelulusan siswa Sekolah Dasar (SD), Senin (15/6/2020). Kepala Bidang SD pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang Encas Mahfudin menyatakan sebanyak 16.933 siswa sekolah dasar di Kabupaten Sumedang dinyatakan lulus

"Jumlah peserta didik pada tahun kelulusan sekarang sebanyak 16.933 semuanya telah dinyatakan lulus, dan dapat dilanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi," ujar Encas pada peluncuran kelulusan di Kantor Dinas Pendidikan, Jl. 11 April, Tegalkalong Sumedang.

Mneurut Encas, meski keberlangsungan belajar terhambat oleh pandemi Covid-19, pihak sekolah tetap melalukan kegiatan belajar melalui dalam jaringan (daring). Sebelumnya para guru membuat skema pembelanjaran secara daring. Pembelajaran tergolong efektif meski tidak bertatap muka. Skema pembelajaran dan sistem penilaian serta kelulusan, sesuai dengan Permendikbud Nomor 23/2016, tentang standar dan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 4/2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

"Kami tetap melakukan proses sesuai dengan aturan. Dan kami percaya kalau anak-anak meski belajar di rumah bisa berjalan dengan bahkan maksimal," katanya.

Kemudian, kata Encas, selanjutnya, masing-masing sekolah akan melaksanakan kelulusan. Sementara Teknis mengumumkan untuk setiap sekolah lanjut dia, dengan mengumpulkan setiap orang tua siswa dengan protokol kesehatan dengan masing-masing 10 orang yang datang pershifnya.

Kepala Dinas Pendidikan, Agus Wahidin mengatakan,  kelulusan SD yang diterbitkan se-Kabupaten Sumedang diumumkan mulai 15 Juni 2020. Untuk selanjutnya diharapkan lulusan SD ini bisa melanjutkan ke tingkat SMP.***(nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)