Penulis : Pupuh S Wijaya | Editor : Deddi Rustandi

PPS - Selama dua hari, sebanyak  35 orang Pranata Komputer yang menjadi mentor Platform Indonesia Digital Services Living Lab mengikuti Training of Trainers (ToT) Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). ToT dibuka secara resmi oleh Asisten Deputi Bidang Koordinasi Tata Kelola Pemerintahan Kemenkopolhukham RI Syaiful Garyadi di Aula Tampomas, Jumat (12/5/2023). Acara tersebut terselenggara hasil kerja sama antara Pemda Sumedang dengan Kemenkopolhukham RI, Wantiknas dan Icon Plus.

Sekda Herman Suryatman mengatakan, bahwa ToT ini dilaksanakan sebagai persiapan Sumedang untuk membantu 14 Kabupaten dan Kota di Kalimantan Tengah dalam meningkatkan kualitas transformasi digital. "Nanti akan menggunakan tools platform Digital Living Lab yang kita kembangkan untuk menjadi milik bersama. Kita siapkan 35 orang pranata komputer, terdiri anak anak millenial," ujarnya.

Dikatakan Sekda, pengalaman Sumedang dalam membangun SPBE, basis utamanya adalah gotong royong, dan dari pengalaman tersebut nanti akan ditularkan ke Kalimantan Tengah. "Ini difasilitasi dan dikomando Kemenkopolhukham. Kami hanya ditugaskan. Insyaallah Bupati dan Wakil Bupati punya komitmen kuat. Bukan hanya membangun Sumedang, tetapi juga memberikan kontribusi untuk NKRI," katanya.

Asdep Tata Kelola Pemerintahan Kemenkopolhukham Syaiful Garyadi mengapresiasi upaya Pemkab Sumedang untuk membantu SPBE di Provinsi Kalimantan Tengah melalui kegiatan tersebut. "Kemenkopolhukham memiliki fungsi koordinasi, sinkronisasi dan pengendalian akan mengumpulkan kepala daerah di 14 Kabupaten kota untuk berkomitmen memajukan daerah. Salah satunya melalui peningkatan kualitas SPBE," ujarnya.

Menurutnya, untuk menyelesaikan SPBE tidak bisa dilakukan secara parsial sehingga melalui nilai-nilai kegotongroyongan dan kolaborasi yang dilakukan diharapkan bisa mendorong SPBE. "Kami harap Sekda bersama tim, Wantikna dan Icon Plus bisa all out membantu keberhasilan program yang digagas Kemenkopolhukam ini," katanya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)