Sejuta Bibit Pohon Ditanam di Kawasan Tangkapan Air Bendungan Jatigede


Baca juga : Sejuta Bibit Pohon Ditanam di Kawasan Tangkapan Air Bendungan Jatigede


DARMARAJA - Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Hutan dan Lahan (BPDASHL) Cimanuk-Citanduy Provinsi Jawa Barat, Ir Rukma Dayadi,  meminta masyarakat Sumedang menjaga tangkapan air untuk Bendungan Jatigede. Salah satu upayanya seperti peduli menanam tanaman produktif di berbagai lahan yang ada, terutama di aliran sungai yang mengalir ke Waduk Jatigede. Tujuan kegiatan untuk soisalisasi dan pemanfaatan teknologi 

"Daerah tangkapan air untuk Bendungan Jatigede harus dijaga oleh semua pihak," katanya saat acara Gerakan Nasional Pemulihan DAS Cimanuk- Citanduy di Lapang Sukaratu, Kecamatan Darmaraja, Senin (18/11/2019). 

Hadir dalam acara Bupati dan Forkopimda Sumedang, para camat, para kades dan masyarakat peduli lingkungan di Sumedang.

Ia menyebutkan, upaya untuk pemulihan DAS telah terbentuk 183 Kelompok Bibit Rakyat (KBR) di Sumedang dan pemberian bibit produktif di setiap daerah. "Kali ini dilakukan pembagian bibit produktif di Sumedang sekitar 19.850 batang bibit produktif," katanya.

Dia menambahkan hingga kini pihaknya telah mengalokasikan 870.000 batang bibit produktif untuk wilayah Sumedang selama 2019. "Kami targetkan tahun ini sebanyak  1 juta batang bibit produkif untuk di Sumedang. Diharapkan memberikan manfaat untuk program Jabar Juara lahir bathin," katanya.(nsa)


Sejuta Pohon, Bendungan Jatigede

Berita Terkait