Sekda Terima Bantuan dari Kemendagri untuk Bencana Longsor


Baca juga : Waspada Bencana Saat Musim Hujan
Giliran Kecamatan Cimanggung, Lagi-lagi PT Kahatex Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana


SUMEDANGKAB.GO.ID, CIMANGGUNG - Sekretaris Daerah Herman Suryatman mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang menerima bantuan dari Kementerian Dalam Negeri berupa masker dan kebutuhan lainnya untuk korban longsor Cimanggung. Pemyerahan bantuan dilakukan perwakilan Kemendagri Raja Philip Sebayang bertempat di Posko Bencana Longsor Cimanggung, SMAN Cimanggung, Selasa sore (12/01/2021).

Menurut sekda, pelaksanaan tugas penanganan darurat bencana di lapangan sesuai dengan prosedur tetap yang sudah digariskan dan rencananya selama 21 hari sampai tanggal 29 Januari 2021.

"Fokus penanganan adalah evakuasi masyarakat yang terkena dampak agar aman di tempat pengungsian. Alhamdulillah dibantu oleh berbagai pihak dari BNPB, Kemensos, Pemprov, Kemendagri," ungkapnya.

Fokus yang kedua, lanjut Sekda, ialah pencarian dan evakuasi korban yang tertimbun longsor dimana sampai hari ini masih ada 23 yang belum ditemukan dan pencarian terus berjalan.

"Itu dua agenda besarnya. Pertama evakuasi warga masyarakat yang terdampak diungsikan ke tempat yang aman. Kedua pencarian dan evakuasi korban yang belum ditemukan. Tentu hal yang lainnya juga tidak kami kesampingkan, kami tetap perhatikan," ujarnya.

Sementara itu, perwakilan dari Kemendagri Raja Philip Sebayang mengatakan bahwa jajarannya menyampaikan rasa empati terhadap kejadian bencana tersebut dan berharap bantuan dapat digunakan oleh warga.

"Sebisa mungkin bantuan ini bisa digunakan secepatnya dan semoga bermanfaat," tandasnya. ***edk


longsor, cimanggung

Berita Terkait