DISDIK - Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang memastikan semua sekolah tingkat SD dan SMP sudah melengkapi sarana dan prasaran yang diperlukan untuk menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) ditengah pandemi Covid-19.

Kepala Seksi Pengembangan Sarana dan Prasarana SMP, Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang, Indra Wahyudinata mengatakan, dengan dilengkapinya sarana dan prasarana, sekolah di Sumedang dinilai sudah siap menggelar PTM di tengah pandemi. "Berdasarkan hasil peninjauan kami ke beberapa sekolah memang sudah layak untuk menggelar KBM tatap muka, terutama dalam hal penerapan protokol kesehatan," kata Indra, Rabu (11/11/2020).

Dari hasil peninjauan, Indra menggambarkan, sekolah-sekolah sudah menyiapkan tempat cuci tangan, kemudian saat di kelas ada jarak antar siswa, serta penggunaan masker. Namun terkait perizinan menggelar PTM, kata dia, pihak sekolah harus mengusulkan survei pengecekan sarana dan prasarana terlebih dahulu ke Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumedang. "Terkait izin penyelenggaraannya juga, nanti kami akan usulkan ke gugus tugas, karena ada hal secara teknis yang harus dipenuhi masing-masing sekolah," ujarnya.

Ia mengatakan, terkait PTM ini ada proses yang harus ditempuh pihak sekolah. Sebab, dalam hal ini pihaknya lebih memikirkan keamanan para siswa yang harus sekolah ditengah pandemi Covid-19. "Karena yang kami takutkan itu, nanti terjadi para siswa terpapar virus korona, sehingga terkait hal ini akan kami konsultasikan dengan gugus tugas tingkat kabupaten," kata Indra. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)