KOTA - Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumedang kembali dilanjutkan setelah sempat tertunda karena adanya pandemi Covid-19.

Kasubid Pengadaan dan Pensiun Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sumedang, Asep Darussalam mengatakan, pelaksanaan tes SKB untuk peserta CPNS Pemkab Sumedang akan dilaksanakan pada September 2020 nanti di empat lokasi yang berbeda. "Berdasarkan data BKPSDM, peserta CPNS yang lolos Seleksi Kompetensi DaBadan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia sar (SKD) sebanyak 599 orang, sehingga mereka berhak mengikuti SKB," katanya, Senin (24/8/2020).

Ia mengatakan, peserta yang memilih tes SKB di UPT Badan Kepegawaian Negara (BKN) Serang akan dilaksanakan pada 7 September, BKN Pusat 16 September, Kantor Regional (Kanreg) III BKN Bandung, 20-21 September, dan Kanreg I Yogyakarta pada 28 September. "Tapi utamanya dilaksanakan di Kanreg III Bandung. Tapi tidak menutup kemungkinan ada peserta yang domisilinya Serang maka tesnya di UPT Serang, begitupun dengan peserta dari Yogyakarta, dan ada juga yang memilih di BKN Pusat," ujarnya.

Menurut Asep, adanya lokasi tes SKB di luar daerah itu karena peserta CPNS Pemkab Sumedang ada juga peserta yang dari luar daerah, sehingga mereka bisa mengikuti tes di daerahnya masing-masing. "Mereka (peserta luar daerah) memilih tesnya disana,  karena tempat tinggalnya juga disana, jadi biar lokasinya lebih dekat saja," kata Asep.

Pada CPNS tahun 2019, Pemkab Sumedang mendapat kuota sebanyak 235 formasi dengan rincian 125 tenaga pendidikan, 30 tenaga kesehatan dan 80 tenaga teknis. Selain itu, ada formasi khusus yakni, 4 orang disabilitas, dan 2 orang cumlaude untuk formasi teknis. "Untuk tenaga yang paling banyak dibutuhkan formasi guru teknis terutama pranata komputer dan tenaga kesehatan," katanya. (rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)