MAPOLRES - Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mewanti-wanti para calon kepala desa yang menjadi peserta pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak agar tidak melakukan euforia kemenangan yang berlebihan. Euforia yang berlebihan berpotensi menimbulkan kerumunan, sehingga berpotensi jadi penyebaran Covid-19. "Saya minta calon kades mengimbau para pendukungnya untuk langsung pulang ke rumah masing-masing setelah melakukan pencoblosan di TPS (tempat pemungutan suara)," kata Dony, saat memimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak di Mapolres Sumedang, Selasa (15/12/1212).

Sebelumnya, kata bupati, para calon kades juga sudah menandatangani Deklarasi Damai, yang isinya berjanji tidak akan mengadakan pesta dan euforia berlebihan.
"Itu sudah ditandatangani, yang menang jang sombong dan besar hati, yang kalah harus menerima. Semua sepakat diam di rumah menjaga kondusifitas," ujarnya.

Oleh karena itu, bupati meyakini pelaksanaan pilkades di Sumedang akan berjalan kondusif. Hal itu melihat selama ini pelaksanaan pemilihan di wilayah Sumedang selalu berjalan kondusif. "Karena kami punya warisan setiap pemilihan di Sumedang berjalan aman, dijaga betul. Terutama yang menang sudah ada komitmen tidak ada euforia dan larangan terhadap pendukungnya," katanya. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)