SUMEDANGKAB.GO.ID - KOTA, Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Sumedang menggelar bimtek peningkatan sumber daya manusia dalam sektor pariwisata yang dihadiri 60 pengelola sektor pariwisata Sumedang dan 10 pengelola perahu disekitar Bendungan Jatigede, di Aula Tampomas. Senin (21/12/2020) 
Bimtek  bertujuan untuk meningkatkan kemampuan SDM dalam mengelola sektor wisata yang ada di Kabupaten Sumedang, meningkatkan profesionalitas dalam pengelolaan pariwisata. 
Kepala Disbudparpora Kabupaten Sumedang Hari Tri Santosa mengatakan pengelolaan wisata terutama desa wisata harus melibatkan semua pihak, terutama masyarakat agar menjadi pemandu wisata yang baik, minimalnya di wisata desanya masing-masing. 
"Sektor pariwisata memiliki potensi besar, namun belum tergarap secara maksimal, pengembangan wisata desa harus melibatkan semua pihak, terutama masyarakat desa yang humanis dalam menyambut setiap pengunjung," katanya.
Hari mengharap seluruh sektor wisata yang dibangun harus memiliki Sertifikat CHSE  atau Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment (Ramah lingkungan). 
"Setiap sektor wisata Sumedang memiliki keunggulan panorama yang bagus, namun tetap harus didukung dengan kepemilikan CHSE agar pengunjung aman, nyaman," ujar Hari.*** (rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)