Seni Tradisional Harus Ada Regenerasi


Baca juga : Usai Subuh Berjamaah, Bupati Tinjau Pembangunan Jalan di Ujungjaya
Seni Tradisional Harus Ada Regenerasi


DARMARAJA -  Agenda pertunjukan seni tradisional harus lebih diperbanyak. Upaya itu agar anak- anak lebih berminat akan seni tradisional. "Seni tradisional harus ada regenerasi yang baik jangan tenggelam di telan jaman. Maka sebisa mungkin kita harus kontinyu mengagendakan pagelaran seni tradisional ini," kata Camat Darmaraja, Agus Kori Hidayat, Senin (4/11/2019)

Untuk pelestarian dan regenerasi, katanya, anak-anak harus secepatnya dikenalkan akan seni tradisional dengan konsep yang sederhana dan mengasyikan. “Target sasaran memang ya generasi muda, kita coba rangkul mereka dengan konsep kesederhanaan, ngopi bareng, kemudian kita kenalkan hal-hal yang menarik tentang seni,” kata Agus.

Kendati dilakukan hanya di lingkungan setempat atau wilayah saja, namun pengenalan seni melalui berbagai cara, harus dilakukan dengan kesungguhan agar mendapatkan respon yang baik terutama dari kalangan anak-anak.  “Bahkan saat ini anak-anak sudah harus bisa bermain berbagai gamelan seni tradisional, ke depan diupayakan bisa membuatnya tak hanya memainkannya tapi memelihara filosofinya,” ujarnya

Ia berharap, satu saat pengenalan seni tradisi itu bisa masuk ke lingkungan sekolah, lingkungan kantor dan intansi. “Konsepnya santei saja, jangan formal, jadi mereka bisa dekat dengan cepat,” ucapnya. (nsa)


Sumedang Simpati, Sumedang Puseur Budaya Sunda

Berita Terkait