Penulis: Endan D Kusmayadi| Editor: Vera Suciati

CIMALAKA- Bawaslu Kabupaten Sumedang menggelar deklarasi pengawasan proses 1 tahun menuju pemilu 2024 bertempat di Pondokan Hanjuang Hegar Cimalaka, Selasa 14 Februari 2023.

Selain itu digelar juga apel siaga bersama panwaslu kecamatan unsur masyarakat, stakeholder, partai politik, ormas, Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda untuk pemilu 2024. 

"Kami menggelar deklarasi agar pemilu ini bisa damai berintegritas, tidak money politik, tidak ada unsur sara dan tidak ada hoax," jelas Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Sumedang Luli Rusly.

Menurut Luli, deklarasi dan apel siaga pengawasan proses 1 tahun menuju pemilu 2024 ini dilaksanakan secara serentak. Adapun tagline atau slogannya adalah "Bersama Rakyat Mengawas Pemilu".

Lebih lanjut dikatakan Luli, jika berkaca pada pelaksanaan pemilu 2019 lalu sebenarnya Sumedang bersifat landai tetap isu sara, isu politik identitas di media sosial khususnya FB dan WA sangat ketera.

"Dan berkaca dari 2019 lalu, kita harus menyiapkan unsur masyarakat semua ikut andil, stakeholder dan parpol juga harus bisa mengawal jangan sampai itu terjadi," jelasnya. (*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)