KPU - Pemutakhiran data pemilu dilakukan KPU Sumedang setiap bulan. Pemutakhiran ini agar data calon pemilih dapat ter update. Untuk memutakhirkan data pemilu, KPU Sumedang sebar formulir tanggapan ke setiap Kecamatan.

Pemutakhiran data di tengah wabah dilakukan dengan berbagai upaya baru diantaran konsolidasi melalui daring bersama partai politik, Disdukcasip dan KPU, sosialisasi pemilu di sosial media, serta menyebar form tanggapan yang dapat masyarakat peroleh melalui website KPU dan juga di kantor kecamatan masing-masing.

"Pemutakhiran data tidak hanya sinkronisasi dengan dinas terkait, melainkan perlu adanya tanggapan masyarakat yang biasanya datang langsung ke kantor KPU, sekarang dapat mengisi di kantor kecamatan atau juga mengunduh di website KPU Sumedang untuk data terupdate yang mereka miliki, peran aktif masyarakat membantu kesinambungan data terupdate," ujar Ketua KPU Sumedang Ogi Ahmad Fauzi, Selasa (23/6/2020)

Menurutnya, ada beberapa hal yang tidak dapat dilakukan meski sudah terencana, seperti mengedukasi dini  pentingnya hak suara di kalangan milenial. “Namun pada saat pademi, peran KPU tetap harus dijalan salah satunya melakukan sosialisasi melalui webinar meski belum mencakup semua aspek, " katanya. (rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)