Siap Hadapi Musim Kemarau


Baca juga : 12 Pihak Tangani Karhutla Tampomas
Siap Hadapi Musim Kemarau


SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Sumedang Ayi Rusmana mengimbau warga mempersiapkan diri menghadapi musim kemarau. Setidaknya ada dua jenis bencana yang perlu diwaspadai, pertama bencana kebakaran dan kedua bencana kekeringan.
Menurut Ayi, berdasarkan informasi dari BMKG, saat ini wilayah Jawa Barat sudah mulai memasuki musim kemarau dan diperkirakan musim kemarau tahun ini akan dimulai pada bulan Juni 2020.
"Masyarakat semua harus tetap waspada terhadap kemungkinan-kemungkinan bencana yang biasa terjadi pada musim kemarau," kata Ayi, Kamis (11/6/2020).
Selain itu, menghadapi musim kemarau ini, kata Ayi, masyarakat harus menghemat air.
Dengan cara menghemat penggunaan air seefisien mungkin, menyiapkan bak penampungan untuk pasokan air bersih, serta memenuhi pasokan air di embung-embung untuk lahan pertanian.
Upaya tersebut, penting dilakukan untuk mengantisipasi apabila air di sumur sudah mengering, atau penyaluran PDAM digilir. Termasuk, untuk mengantisipasi apabila debit air sungai dan irigasi untuk lahan pertanian sudah berkurang, jadi para petani bisa memanfaatkan pasokan air di embung tersebut. ***(nsa)


BPBD, kemarau

Berita Terkait