SUMEDANG - Perkembangan terkait situasi dan kondisi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sumedang,pada hari ini Senin tanggal 8 Juni 2020 Pukul 16.00 WIB masih perlu diwaspadai. Adapun perkembangan lengkapnya adalah sebagai berikut :
* PositifCovid-19
1. Berdasarkan uji Polymerase Chain Reaction / SWAB, terdapat pasien positif sebanyak 7 orang, yang terdiri dari :
- Kec amatan Jatinangor 1 orang
- Kec amatan Cimanggung 1 orang
- Kec amatan Buahdua 1 orang
- Kec amatan Ujungjaya 2 orang
- Kecamatan Tomo 1 orang
- Kec amatan Ganeas 1 orang
Dari total 12 orang pasien terkonfirmasi positif SWAB.sebanyak 5 orang telah selesai dan dinyatakan sembuh yaitu dari Kecamatan Darmaraja, Jatinangor, Tanjungsari dan Sumedang Selatan.
2. Berdasarkan hasil pemeriksaan Rapid Test, dinyatakan Reaktif Rapid untuk hari ini dinyatakan tidak ada. Sehingga Jumlah total Reaktif Rapid Test sebanyak 69 orang, 66 orang dinyatakan selesai dan 3 orang meninggal. Perlu diketahui dan dipahami bersama, bahwa hasil Rapid Test Reaktif belum tentu positif terpapar covid 19, untuk membuktikannya harus dilanjutkan dengan uji Polymerase Chain Reaction / SWAB. Serta perlu kami sampaikan pula kepada seluruh warga masyarakat kabupaten sumedang, bahwa pasien yang meninggal dengan status Reaktif Rapid Test, walaupun belum tentu positif covid-19 namun pemulasaraannya dilaksanakan menggunakan standar protokol pemulasaraan pasien covid 19,dengan tujuan untuk melindungi masyarakat terpapar covid 19
bila ternyata jenazah yang bersangkutan positif covid 19.
3. Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dan pasien Rapid Test Reaktif jumlahnya
dipisahkan dari Pasien Dalam Pen gawasan (PDP), dengan tujuan agar tidak
terjadi duplikasi data.
* Pasien Dalam Pengawasan (PDP) adalah orang yang dirawat dengan memiliki riwayat perjalanan dari wilayah yang terkonfirmasi terjangkit Covid-19 dan memiliki gejala demam, ISPA serta pneumonia maupun yang tidak bergejala, pada hari ini dinyatakan tidak ada PDP. Dari jumlah 53 orang,52 orang dinyatakan selesai perawatan dan 1 orang meninggal.
* Secara umum jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Reaktif dan Non Reaktif Tidak ada.
* Orang Dalam Pemantauan (ODP) adalah or ang yang memiliki riwayat perjalanan dari wilayah yang terkonfirmasi terjangkit Covid-19 dan memiliki gejala demam atau ISPA tanpa pneumonia, jumlahnya seb anyak 10 orang, dinyatakan selesai menjalani masa pemantauan 963 orang, sehingga jumlah total sebanyak 973 orang.
* Secara umum total Orang Dalam Pemantauan (ODP) Reaktif dan Non Reaktif adalah sebanyak 10 orang.
* Orang Tanpa Gejala (OTG) adalah orang yang tidak memiliki gejala, tetapi pernah kontak erat dengan orang yang positif Covid-19, jumlahnya hari ini nol (Tidak ada).
* Rapid Testyang telah dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan sampai dengan tanggal 8
Juni 2020 adalah :
- Selesai Rapid Test 3.249 orang
- Selesai Rapid Test ulang 85 orang
* Sementara itu,hasil Rapid Test yang dilaksanakan secara masif dari tanggal 28 April 2020 sampai dengan 8 Juni 2020 dilakukan terhadap 1.656 orang dengan hasil sebanyak 1.625 orang negatif dan 31 orang reaktif.
* Orang Dalam Risiko (ODR) adalah orang yang memiliki riwayat perjalanan dari wilayah yang terkonfirmasi terjangkit Covid-19, tetapi tidak memiliki gejala apapun jumlahnya sampai dengan tanggal 8 juni 2020 sebanyak 946 orang, jumlah ini mengalami penurunan sebanyak 233 Orang dari hari sebelumnya yang berjumlah 1.179 orang.
* Dalam rangka melayani kebutuhan informasi dan pengaduan terkait Covid-19,
Pelaksanaan PSBB dan Bantuan Sosial, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 menyediakan pelayanan informasi dan pengad uan masyarakat melalui :
- Call Centre PSC 119
- Website https//covid19.sumedangkab.go.id
- Sum edang Simpati Quick Res ponse 081 121 001 33
- http://mauneh.sumedangkab.go.id.
* Selain empat kanal informasi dan pengaduan tingkat kabupaten, di tingkat provinsi juga tersedia apllikasi Pikobar (Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jawa Barat), yang saat ini memiliki fitur SOLIDARITAS (Sistem Online Data Penerima Bantuan Sosial), yang dapat diakses di PIKOBAR. Dalam fitur SOLIDARITAS tersebut menyajikan data penerima bantuan sosial di Jawa Barat secara komprehensif.
* Data SOLIDARITAS memuat informasi jenis dan status alokasi bansos yang dilengkapi jumlah total penerima manfaat di masing-masing wilayah, dan memuat penerima setiap pintu bantuan, baik dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan non-DTKS, termasuk jumlah penerima bansos di setiap kabupaten/kota.
* Menjelang pembukaaan pelayanan publik di Mal Pelayanan Publik (MPP) Sumedang, telah dilaksanakan terlebih dahulu rapid test massal kepada para petugas loket pelayanan dan alhamdulillah hasil test menunjukkan negatif Covid-19. Hal ini dilakukan guna memastikan kesehatan dan keamanan dari Covid-19 saat MPP mulai beroperasi.
* Selain itu, pada saat pembukaan MPP 9 Juni 2020, sampel rapid test juga akan dilakukan bagi beberapa pengunjung oleh petugas Satgas Covid di MPP, dan tentunya bagi warga yang akan mengurus perijinan di MPP harus melalui Protokol Covid-19 secara disiplin.
* Keberhasilan menekan angka infeksi Covid-19 ditentukan oleh dukungan semua pihak pada Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Untuk itu, kepada seluruh warga Kabupaten Sumedang diimbau tetap menjaga jarak, mengurangi bepergian, menggunakan masker setiap keluar rumah dan rajin mencuci tangan memakai sabun.
Demikian, Siaran Pers Perkembangan Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sumedang pada hari ini Senin tanggal 8 Juni 2020, kepada seluruh warga masyarakat
Kabupaten Sumedang diimbau agar tetap tenang dan waspada serta jangan panik dalam
menghadapi situasi ini. Semoga Allah Subhanahu wata’ala selalu meridhoi segala upaya yang
kita laksanakan.
Bilahitaufik walhidayah wasalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh ….
GUGUS TUGAS PERCEPATAN PENANGANAN COVID-19 KABUPATEN SUMEDANG

(penerbit: sumedangkab.go.id)