CISITU - Direktur Binmas Polda Jabar Kombes Pol Drs Yudhi Faizal H SH MH meminta warga desa kembali menggiatkan Siskamling di masing-masing kampung. Siskamling merupakan salah satu bentuk upaya masyarakat daerah dalam menjaga keamanan. "Dalam kondisi saat ini, keamanan lingkungan sangat dibutuhkan. Dimana adanya pandemi Covid-19 berdampak secara langsung terhadap keamanan," ujar Yudhi, saat menghadiri pencanangan Kampung Tohaga Lodaya di Dusun Kawungluwuk, Desa Linggajaya, Kecamatan Cisitu, Rabu (29/7/2020).

Menurutnya, persoalan keamanan,  tak selalu menjadi tanggungjawab pihak kepolisian, tapi juga menjadi tanggungjawab masyarakat. “Masyarakat harus bekerjasama dengan pihak kepolisian dalam mewujudkan keamanan di desa masing-masing. Salah satunya dengan memberdayakan kembali Siskamling,” katanya.

Yudhi menambahkan, kampung Tohaga Lodaya akan menjadi pilot projek dalam mewujudkan tatanan keamanan di daerah. Dalam konsep kampung tohaga, kata dia, masyarakat diajak bisa mandiri baik dalam ketahanan pangan, ketahanan usaha yang semuanya akan berdampak ketahanan keamanan. 

"Terbentuknya kampung tangguh tak lepas dari merebaknya virus corona dimana berimbas pada semua hal termasuk keamanan. Kampung tangguh akan menjadi solusi atas kondisi ini. Diantaranya tangguh keamanan sangat penting , karena keamanan sangat terganggu dengan kondisi pandemi ini," katanya. (nsa)

 

(penerbit: sumedangkab.go.id)