Penulis : Pupuh S Wijaya | Editor : Deddi Rustandi

MPP - Wakil Bupati  Erwan Setiawan membuka acara Expo Persekolahan SMK dalam rangka HUT ke-77 PGRI yang dilaksanakan di Halaman Parkir MPP, Kamis (24/11). Wabup mengatakan, banyak produk inovatif yang dihasilkan oleh para pelajar SMK turut ditampilkan dalam pameran tersebut. "Jadi dengan digelarnya Expo SMK Sumedang ini, kita tunjukkan hasil karya anak-anak SMK yang ada di Sumedang untuk diketahui masyarakat. Juga berpartisipasi dalam pengembangan pariwisata, mengembangkan kreatifitas siswa dan menumbuhkan jiwa seni serta jiwa wirausaha," ujar wabup.

Wabup berharap, pameran tersebut akan menjadi pengalaman tersendiri bagi siswa, karena menunjukkan sendiri hasil karyanya kepada masyarakat. "Saya berharap ini akan menjadi pengalaman tersendiri bagi siswa dalam menunjukan hasil karyanya kepada orang lain di luar pihak sekolah dan masyarakat bisa mengenal bahwa SMK itu bisa membuat produk dan bisa dilirik kalangan usaha," katanya.

Ketua PGRI Kabupaten Sumedang H. Pepen Supendi menerangkan kegiatan Expo Persekolahan SMK merupakan rangkaian kegiatan menyambut HUT ke-77 PGRI. "Kegiatannya diawali dengan Expo Persekolahan SMK, dimana kegiatan pameran ini diikuti oleh 31 SMK yang ada di Kabupaten Sumedang terdiri dari 7 SMK Negeri dan 24 SMK swasta," katanya.

Program SMK yang ada di Kabupaten Sumedang terdiri dari program teknologi, bisnis dan manajemen, kehutanan, pertanian, pariwisata, logistik, ilmu logam, kesehatan, dan karawitan. "Tujuannya adalah SMK bisa mengkolaborasikan antara program yang satu dengan program yang lain. Selain itu, semua siswa yang lulusan SMP bisa tertampung di SMK baik negeri maupun swasta," ujarnya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)