SMK Harus Cetak Tenaga Handal


Baca juga : SMK Harus Cetak Tenaga Handal
Teaching Factory Menurunkan Angka Penggangguran SMK


SITURAJA - Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan sekolah harus mampu menciptakan sumberdaya manusia (SDM) yang handal. Ketika sudah tersedia SDM yang handal, Pemkab Sumedang tak akan ragu jika ada investor yang mau menanamkan modalnya di Sumedang. "Belajarlah dengan sungguh- sungguh agar tercipta SDM yang siap berkompetisi di dunia industri sesungguhnya. Ketika SDM sudah handal di dunia kerja tidak akan minder," ujar Erwan pada acara Grand Opening, Launching dan Pameran Bengkel Teaching Factory pada kompetensi keahlian teknik bisnis sepeda motor SMKN Situraja, di wilayah Desa Sukatali, Jumat (15/11/2019).

Namum, kata Erwan, meski pihak investor merupakan pemilik modal. Investor harus patuh regulasi yang diterapkan Pemkab Sumedang. "Meski kita yang mengundang investor tapi jangan mentang-mentang mereka punya uang, lantas seenaknya merekrut tenaga kerja dari luar Sumedang. Investor hanya membawa tenaga ahli. Makanya SDM di Sumedang harus siap segalanya," ujarnya lagi.

Ketika pemkab memberikan kebijakan kepada investor untuk memperkerjakan 70 persen warga Sumedang pada setiap perusahaan atau tempat kerja yang dijalankan investor, kelangsungan produksi akan sesuai harapan. Karena tenaga kerja Sumedang juga sudah handal. "Jadi investor jangan bawa tenaga kerja dari luar. Cukup dari Sumedang saja. Syukur-syukur setiap perusahaan bisa memperkerjakan hingga 80 persen tenaga kerja lokal Sumedang," katanya. Ia berharap menghadapi industrialisasi modern yang banyak tumbuh di Sumedang, masyatakat Sumedang jangan hanya jadi penonton. "Jadikan sekolah SMK menjadi pencetak tenaga handal dalam industria kedepannya," katanya Erwan. (nsa)


SMK, Sawo Sukatali

Berita Terkait