ANGKREK - SMPN 5 Sumedang menyiapkan ruang inklusi yaitu ruangan yang disiapkan bagi siswa berkebutuhan khusus yang mendaftar ke sekolah tersebut.
Kepala SMPN 5 Sumedang Ema Sri Komala mengatakan pihaknya sengaja menyiapkan ruangan inklusi sebagai antisifasi adanya siswa berkebutuhan khusus yang mendaftar ke SMPN 5 Sumedang. "Kami sudah antisifasi dengan menyiapkan ruang inklusi, jangan sampai nanti ada siswa berkebutuhan khusus, pihak sekolah tidak memiliki ruang inklusi," jelas Ema, Minggu (15/11/2020).

Dijelaskan Ema, siswa berkebutuhan khusus yaitu siwa yang memiliki keterbatasan secara fisik namum perkembangan otak , IQ dan juga pola pikirnya sama dengan siswa lainnya sehingga ia mampu bersaing dengan siswa lainnya. Sejauh ini lanjut Ema memang belum ada siswa berkebutuhan khusus yang mendaftar ke SMPN 5 Sumedang, namun demikian pihak sekolah tidak bisa menolak ketika ada siswa berkebutuhan khusus yang mendaftar. "Sudah ada aturanya dimana sekolah harus memerima.ketika ada siswa berkebutuhan khusus yang mendaftar," tambahnya.

Ditambahkan Ema ruang inkluso yang sudah dibangun ini memiliki ukuran 6 m x 6 m dimana di dalamnya sudah dilengkapi dengan meubeleur, toilet serta alat bantu seperti kursi roda dan lainnya. Untuk pembangunan ruang inluksi ini lanjut Ema pihaknya mendapatkan bantuan dari DAK tahun 2020 bersaman dengan rehab 6 bangunan kelas, rehab 5 jamban dan pembangunan 6 jamban baru. (end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)