SUMEDANGKAB.GO.ID, DISDIK - Untuk menambah wawasan dan keterampilan siswa, SMPN 7 Sumedang akan mengembangkan pertanian dengan metoda hidroponik dilingkungan sekolah. Kini pihak sekolah kini telah mencoba dengan membuat contoh percobaan.

"Hasilnya bagus dan ini bisa dikembangkan untuk para siswa ketika nanti bisa mulai masuk sekolah lagi," kata Kepala SMPN 7 Sumedang Dedi Junaedi, Rabu (11/11/2020).
Ditambahkan Dedi, dengan adanya tambahan ilmu hidroponik diharapkan dapat memberikan manfaat bagi siswa dimana minimal siswa bisa menerapkan dilingkungan masing masing. Bahkan, bila hidroponik dikembangkan lebih lanjut bukan tidak mustahil akan menghasilkan tambahan pendapatan.
Sementara, salah satu guru SMPN 7 Sumedang yang menggagas hidroponik Santy Nurmalasari mengatakan pengenalan hidroponik kepada siswa dilakukan untuk menambah pengetahuan siswa
"Rencananya nanti ketika proses pembelajaran di sekolah sudah dimulai lagi, kami akan mencoba setiap kelas mengembangkan satu paket hidroponik yang ditanami berbagai macam komoditi," tambahnya.
Untuk menambah motivasi siswa dalam merawat hidroponik, pihak sekokah akan melombakannya.
"Lumayan juga ketika hasil hidropnik dikumpulkan akan menghasilkan uang dan itu bisa dibuat uang kas bagi siswa," tambahnya.
Dijelaskannya ada beberapa komoditi yang dikembangkan pihak SMPN 7 Sumedang dalam pengembangan hidroponik ini antaralain kangkung, pakcoy, seledri dan seledah. ***(end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)