Penulis : Agun Gunawan | Editor: Vera Suciati 

BPBD - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang mulai menyasar satuan pendidikan tingkat SD dan TK, dalam menjalani program Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB). Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sumedang, Atang Sutarno mengatakan, hal tersebut seperti yang dilakukan di SDN Santaka Desa Mangunraga Kecamatan Cimanggung, beberapa hari lalu, tepatnya Kamis, 27 Juli 2023.

"Ya, seperti yang sudah kami agendakan, setelah SMA dan SMP, tahun ini SPAB kami lakukan juga di tingkat SD dan TK," ujar Atang.

Menurut Atang, pihaknya berkoodinasi dengan Dinas Pendidikan. Dalam seminggu, ditargetkan ada 1 atau 2 sekolah yang didatangi.

"Untuk yang kemarin kami ke Cimanggung. Seperti diketahui di Cimanggung salah satu wilayah di Sumedang yang rawan bencana, alhamdulilah para siswa dan gurunya antusias," ucapnya.

Adapun metode penyampaian materi SPAB kepada anak tingkat SD dan TK, kata Atang, berbeda dengan tingkat SMA dan SMP. Seperti dengan cara bernyanyi bersama, supaya anak-anak merasa senang.

"Kami juga dibantu oleh para guru, jadi anak-anak tidak bosan dan mudah memahami apa yang kami sampaikan," tuturnya. (*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)