GEDUNG NEGARA - Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan pihaknya sudah melakukan swab tes kepada 6.366 orang warga Sumedang. Itu artinya sebentar lagi jumlah swab tes massal di Sumedang bakal mencapai satu persen dari jumlah penduduk, sesuai standar World Health Organization (WHO) dalam penanganan Covid-19.

Jumlah penduduk Kabupaten Sumedang sendiri sekitar 1 juta lebih, sehingga jumlah tes swab harus dilakukan kepada 10 ribu orang lebih. "Kami sudah 6.000 lebih melakukan test PCR atau swab test secara massal. Sedikit lagi, kami akan sesuai dengan standar WHO, satu persen dari jumlah penduduk di Sumedang," ujar Dony di Gedung Negara.

Bupati Dony mengatakan, melonjaknya kasus positif Covid-19 di Sumedang karena pihaknya banyak melakukan swab test massal, hingga akhirnya berdampak terhadap peningkatan jumlah kasus. "Dengan banyaknya swab test ini, kami bisa menemukan kasus-kasus di Sumedang. Jadi, kalau ditemukan sejak dini, kita bisa secepatnya mengendalikan,” katanya.

Menurutnya, pelaksanaan swab test massal yang sudah dilakukan selama ini merupakan ikhtiar dari Pemkab Sumedang untuk melindungi masyarakat dari penyebaran Covid-19. "Jadi, sisi lain dari bertambahnya kasus di Sumedang ini sejalan dengan testing secara masif yang kami laksanakan. Konsekuensinya, pasti jumlah kasus meningkat," kata Dony.

Untuk itu, pihaknya tidak mempermasalahkan meningkatnya jumlah kasus positif Covid-19 akibat banyaknya swab test itu karena pihaknya bisa mudah mengendalikan penyebarannya. "Nah, jadi ini merupakan keberhasilan kami dalam menemukan kasus baru sejak dini, sehingga pasien pasien yang baru tersebut bisa kami tangani sejak dini," katanya. (rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)