JATIGEDE – Pelaku usaha kecil di seputaran Jalan Lingkar Timur Waduk Jatigede sudah mengalami peningkatan pembeli menyusul telah berubahnya sttaus level PPKm di Sumedang. Pemilik warung di betulan Ciboboko, Kecamatan Jatigede, Sihabudin menggambarkan, pada hari libur nasional seperti kemarin, saat hari libur Maulid 20 Oktober 2021, banyak pengendara yang hendak berkunjung ke kawasan wisata di wilayah Jatigede menyempatkan singgah ke warung miliknya.

"Memang ada peningkatan pengunjung yang kami rasakan sejak dua minggu lalu. Kemarin pas libur (Hari Maulid) banyak orang yang berlibur mampir dan makan di warung kami," katanya, Jumat (22/01/2021).

Ia menyebutkan, optimisme pedagang bertambah ketika pemerintah daerah mengumumkan bahwa wilayah Kabupaten Sumedang masuk ke dalam daftar daerah yang harus melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2. Pasalnya dengan turunnya level PPKM aktivitas masyarakat bisa sedikit longgar.

"Bagi kami, turunnya level PPKM akan sangat berdampak pada kelangsungan usaha kami. Karena longgarnya aktivitas akan membuka peluang bagi kami sebagai pedagang," katanya.

Menurutnya, kondisi seperti ini sangat diharapkan oleh para pedagang setelah sekian lama mengalami keterpurukan ekonomi akibat pandemi.

Pedagang lainnya, Cahya Mulyana yang memiliki kios warung di blok Garsela, Cihegar Jatigede mengungkapkan, dari seminggu ke belakang, aktivitas lalu lintas di ruas Jalan Lingkar Timur Jatigede cukup ramai, terutama hari libur. Adanya lonjakan aktivitas lalu lintas tersebut berdampak pada banyaknya pengendara yang mampir ke warungnya.

"Kalau lalu lintas ramai, warung biasanya ramai. Selama ini yang membuat ramai lalu lintas di sini,ya orang yang berkunjung dari luar daerah sini. Semoga saja tidak ada lagi pengetatan," katanya.(agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)