Penulis: Endan Dodi Kusnaedi| Editor: Vera Suciati

DISARPUS - Kegiatan perpustakaan keliling (pusling) yang dilaksanakan oleh Perpustakaan Daerah (Pusda) Kabupaten Sumedang ke berbagai sekolah disambut dengan sukacita oleh para pelajar. Seperti ketika mobil puslin ini datang ke SDIT Hubbul Qur'an di Kecamatan Conggeang. Siswa mengantre  untuk mendapatkan buku.

Wawan Setiawan salah seorang pengelola Perpustakaan Daerah Sumedang mengatakan bila kegiatan pusling ke sekolah sekolah dilakukan secara terjadwal. 

"Untuk jadwal ini kami sesuaikan ada yang jadwal dari kami dan ada juga karena adanya permintaan dari pihak sekolah," kata Wawan, Selasa, 28 maret 2023.

Menurut Wawan, pihak Pusda Sumedang tentunya merasa senang bila kehadiran pusling di sekolah mampu dimanfaatkan dengan baik oleh para siswa untuk meningkatkan minat baca. Buku-buku yang dibawa pusling tentunya berbeda dengan buku kebanyakan di perpustakaan dimana tampilan luarnya agak beda sehingga bisa lebih menarik bagi pelajar.

"Dari sejak dini mereka dibiasakan untuk membaca agar ketika sudah besar mereka menjadi terbiasa," ujarnya.

Berdasarkan pengalaman, buku-buku yang paling dicari para siswa saat kegiatan pusling adalah buku-buku tentang pantun dan dongeng.

"Dua buku ini memang menjadi favorit untuk dibaca oleh para siswa saat pusling dan ada juga buku terkait perikanan seperti tentang ikan cana dan cupang yang memang kedua jenis banyak diminati anak anak. (*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)