Sumedang Akan Tampilkan Kuda Renggong di MTQ Provinsi


Baca juga : Persiapan Jelang MTQ Tingkat Kecamatan
Sumedang Akan Tampilkan Kuda Renggong di MTQ Provinsi


SETDA - Kabupaten Sumedang akan menampilkan kesenian kuda renggong dalam ajang pembukaan MTQ tingkat Provinsi Jawa Barat yang akan digelar di Kabupaten Subang pada tanggal 13 April mendatang.

Kasubag Agama Pendidikan Kebudayaan dan Kesehatan (APKK) Bagian Kesra Setda H Saeful Amin mengatakan kuda renggong dipilih karena sudah jadi ikon Kabupaten Sumedang. "Dalam pembukaan MTQ saat pawai taaruf setiap Kabupaten/ Kota di Jawa Barat wajib menampilkan satu kesenian, dan kami dari Sumedang sudah sepakat akan menampilkan kuda renggong," kata Saeful Amin, Kamis (12/3/2020).

Awalnya, lanjut Amin, memang ada dua pilihan terkait kesenian yang akan ditampilkan di pembukaan MTQ tersebut, yaitu kuda renggong dan tari umbul, namun berdasarkan kesepakatan akhirnya diputuskan kuda renggong.  Rencananya lanjut Amin ada tiga kuda renggong yang akan ditampilkan saat pembukan MTQ dimana nantinya akan ditunggangi oleh Bupati, Wakil Bupati an Sekda.

Ditambahkan Saeful Amin penampilan kesenian ini akan turut mempengaruhi penilaian kontingen Kabupaten/Kota saat pawai taaruf tersebut. "Untuk pawai taaruf ini untuk kontingen Kabupaten Sumedang rencananya akan diikuti seluruh pejabat dilingkungan Pemkab serta Lingkup jajaran Pegawai Kemenag Sumedang," katanya. (end)


MTQ, Kuda Renggong

Berita Terkait