SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA- Lomba foto dengan tema Sumedang Dalam Lensa telah ditutup. Lomba ini berhasil kumpulkan ribuan foto yaitu sampai 1439buah foto yang dikirimkan dari 307 peserta lomba.
Menurut Ketua lomba, Febi Febianto , peserta lomba foto yang dilaksanakan oleh Bidang Ekonomi Kreatif pada Dinas Pariwisata, Budaya, Pemuda dan Olahraga ini tak hanya dari Sumedang tapi juga dari wilayah luar Sumedang seperti Bandung, Jakarta dan lainnya. Lomba foto ini memang memperbolehkan peserta dari luar Sumedang dengan syarat objek foto harus di wilayah Sumedang.
"Dari 307 peserta lomba, tercatat 1439 foto yang diikutkan lomba dari kategori DSLR/mirrorles dan kategori drone. Para peserta juga bisa mengecek semua foto yang di lombakan di akun instagram masing-masing dengan #sumedangdalamlensa," ujar Febi, Selasa (3/11/2020).
Febi menuturkan, pada tahap awal, panitia melakukan kurasi terhadap 1439 foto. Kemudian setelah dikurasi, pada tahap awal terpilih 200 foto terbaik.
Selanjutnya 200 foto terbaik ini, sambung Febi, akan di pilih oleh dewan juri untuk ditetapkan jadi pemenang lomba foto pada 4 November 2020.
"Nanti dewan juri akan memilih juara 1 sampai 3 untuk kategori DLSR/mirrorles dan juara 1 sampai 3 untuk kategori drone. Serta memilih juga 14 foto favorit dari kategori DSLR/mirrorles dan drone," ucapnya.
Febi mengungkapkan pihak panitia menyiapkan 4 juri untuk memilih yang terbaik pada ajang lomba foto ini. Antara lain senior fotografer profesional, Don Hasman,  fotografer profesional asal Bandung yang juga mantan senior fotografer jurnalis, Dudi Sugandi. Kemudian fotografer produktif asal Sumedang Iwan Kristiana dan Ali Muhamad yang mewakili dari pihak bidang ekonomi kreatif Disparbudpora Sumedang 
"Kami menjamin proses penjurian akan berlangsung fair, karena penjurian dilakukan oleh para praktisi fotografer profesional," katanya.
Selanjutnya, tambah Febi untuk pengumuman pemenang lomba foto ini,  akan diumumkan pada 11 November 2020. Para peserta bisa mengecek dan melihat para pemenang di akun instagram @lfn_sumedang atau di #sumedangdalam lensa.*** (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)