Sumedang Dapat Bantuan Portabel PCR


Baca juga : Sumedang Dapat Bantuan Portabel PCR
Forkopimka Cimanggung Lakukan Penyemprotan Disinfektan


GEDUNG NEGARA - Kabupaten Sumedang kini memiliki peralatan portable   polymerase chain reaction (PCR). PCR adalah pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri, atau virus. Saat ini, PCR juga digunakan untuk mendiagnosis penyakit COVID-19, yaitu dengan mendeteksi material genetik virus Corona.

Dengan alat ini hasil tes swab bisa langsung diketahui dalam waktu hanya 40 menit. Satu unit portable PCR ini merupakan bantuan dari Pemprov Jawa Barat, yang diserahkan melalui Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat di Gedung Negara, Senin (10/8/2020).

Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Siska Gerfianti mengatakan, Kabupaten Sumedang menjadi daerah pertama yang mendapat bantuan portable PCR dari Pemprov Jabar. "Sumedang menjadi yang paling pertama mendapat portable PCR, tapi ke depan semua kabupaten/kota juga akan mendapat bantuan yang sama," katanya.

Ia mengatakan, portable PCR merupakan alat pendukung untuk tes swab yang bisa dibawa ke mana-mana, sehingga memudahkan petugas yang melakukan tes swab. Satu kali bacaan bisa digunakan untuk delapan orang. "Alat ini untuk memudahkan tracing karena dalam koper, jadi bisa dibawa ke mana-mana. Akurasinya sampai 98 persen," kata Siska.

Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir mengatakan bersyukur mendapat bantuan tersebut. Sebab dengan portable PCR akan memudahkan tracing ke orang yang kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19. "Kami mengucapkan terima kasih atas bantuan ini. Nanti akan ada pelatihannya untuk petugas kami, setelah itu langsung kami gunakan," katanya.

Selain portable PCR, Sumedang juga akan mendapat bantuan berupa 1 unit kendaraan mobil combat, yang bisa digunakan untuk tes swab secara massal. Mobil ini dilengkapi 4 alat PCR, sehingga digunakan hingga 32 orang dalam sekali bacaan. "Dengan bantuan peralatan ini sangat bermanfaat bagi kami untuk melakukan swab masal dan tracing, sehingga bisa pasien yang terpapar Covid-19 bisa cepat terlacak dan diatasi," ujarnya. (agn)


PCR, Covid-19, Portabel

Berita Terkait