Penulis : Pupuh S Wijaya | Editor : Deddi Rustandi

 

FINLANDIA – Dubes Indonesia untuk Finlandia Ratu Silvy Gayatri mengajak Kabupaten Sumedang untuk mengikuti pameran dagang Indonesia di Helsinki Finlandia pada bulan Juni 2023. Untuk itu, Sumedang agar menyiapkan berbagai produk unggulan yang bisa menembus pasar Finlandia dan Eropa.  “Sementara ini, komoditas yang masuk langsung ke Finlandia dari Indonesia sangat terbatas, yakni hanya Kopi. Melalui pameran tersebut diharapkan akan ada terobosan pasar untuk produk-produk unggulan lainnya seperti kerajinan, makanan olahan dan lainnya,” kata dubes.

Pameran Dagang Indonesia ini rencananya akan digelar pada bulan Juni di Kota Helsinki Finlandia pada bulan Juni tahun 2023.  Untuk itu, kata dia, Sumedang diminta menyiapkan berbagai produk unggulan yang bisa menembus pasar Finlandia dan Eropa seperti Kerajinan, makanan olahan dan lainnya.

Bupati Sumedang  Dony Ahmad Munir mengatakan akan mempersiapkan segalanya termasuk berkomunikasi dengan Pemerintah Provisnsi Jawa Barat.  “Kami siap ikut menjadi peserta pada  ajang Pameran Produk Indonesia di Helsinki Tahun 2023.Tentunya setelah Koordinasi dan sinergi dengan Provinsi,” katanya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)