Penulis : Pupuh S Wijaya |  Editor : Deddi Rustandi

DISKOMINFOSANDITIK - Kabupaten Sumedang yang masuk lima besar kandidat penerima Anugerah Tinarbuka yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi (KI) Pusat diharapkan jadi learning Center Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Kabupaten Kota seluruh Indonesia. "Kalau Sumedang mendapatkan Anugerah Tinarbuka maka dengan demikian Sumedang juga ditetapkan sebagai learning center bagi kabupaten kota, artinya tempat orang belajar," ujar  Komisioner Komisi Informasi Jawa Barat Bidang Advokasi, Sosialisasi dan Edukasi Dadan Saputra di Atria Hotel Serpong Tanggerang, Senin, (27/3/2023).

Dadan meyakini, sesuai komentar komentar positif yang disampaikan tim penilai yang terdiri dari berbagai lintas lembaga dan Kementerian, apa yang dilakukan Sumedang bisa direplikasi oleh daerah lain di Indonesia. "Sesuatu yang menarik dari Sumedang dalam presentasi kali ini adalah outcome dan dampak dari KIP," katanya.

Menurutnya, alat ukur yang disampaikan Sumedang sangat menarik karena instrumen yang digunakan berdampak terhadap keadilan dan kesejahteraan masyarakat. "Alat ukur sangat menarik bagaimana intrumen KIP juga punya dampak terhadap keadilan ldan kesejahteraan agar semua orang punya kesempatan untuk mengambil kebijakan secara tepat karena infromasinya sangat berkecukupan," katanya.

Dadan Saputra juga menyampaikan apresiasi atas berbagai kemajuan yang telah dicapai oleh Sumedang dalam keterbukaan Informasi yang dilkukan melalui berbgai platform digital yang telah diterapkan. "Saya sudah melakukan monitoring dan evaluasi terhadap Sumedang, terakhir tahun 2022, Sumedang dari instrumen yang kami lihat luar biasa kemajuannya. Kalau soal informatif, Sumedang sudah sangat informatif," katanya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)