CIBUGEL - Kabupaten Sumedang menjadi  kabupaten pertama di Indonesia yang menyelenggarakan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) desa. Untuk itu, Kabupaten Sumedang diharapkan menjadi Kabupaten percontohan pengelolaan SAKIP desa.

Sekretaris Daerah (Sekda)  Herman Suryatman mengatakan 10 desa di Kecamatan Wado dan tujuh desa di Kecamatan Cibugel diharapkan mampu menjadi pilot project pelaksanaan SAKIP desa yang semuanya diawali dari pikiran dan cita-cita dalam mewujudkannya. “Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang akan terus menggenjot kinerja aparaturnya yang diawali dengan SAKIP,” kata Herman saat memberikan arahan  akselerasi evaluasi SAKIP di Kecamatan Wado dan Cibugel, Kamis (2/7/2020).
_
Menurutnya, peran pemerintah adalah untuk menyejahterakan masyarakat. Untuk menyejahterakan masyarakat harus jelas ukurannya, diantaranya berkurangnya angka kemiskinan, menurunnya angka stunting, meningkatnya pelayanan publik, meningkatnya derajat pendidikan, kuatnya insfrastruktur, meningkatnya kesehatan, serta menurunnya angka kematian ibu dan bayi. “SAKIP adalah alat untuk memastikan pengelolaan pemerintahan dijalankan dengan jelas dan tepat,” katanya. [hms/irs]

(penerbit: sumedangkab.go.id)