SUMEDANGKAB.GO.ID, GEDUNG NEGARA - Dalam Rapat Koordinasi Komite Kebijakan Penanganan Covid19, mengatakan Sumedang termasuk daerah dengan penyebaran covid19 terendah. Rapat yang dipimpin Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan dihadiri Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir ini juga membahas tentang Pemulihan Ekonomi Daerah Provinsi Jawa Barat.
Dijelaskan Sekda Jabar, kasus terkonfirmasi Covid-19 di Jawa Barat menjadi 222.400 dengan kasus aktif sebesar 38.892.
"Kasus aktif turun menjadi 16,58%, tingkat kesembuhan menjadi 82,20 %, tingkat kematian 1,13% masih di bawah rata-rata nasional," ungkapnya.
Lebih lanjut dikatakan Setiawan, total populasi yang akan mendapatkan vaksin di Jawa Barat sebanyak 36.207.393 dengan dibagi 2 gelombang yakni Gelombang I pada periode vaksinasi Januari - April 2021 dan Gelombang II pada periode April 2021 - Maret 2022.
Sementara itu, Bupati Dony Ahmad Munir mengatakan sesuai dengan arahan pemerintah provinsi dan pusat, pihaknya  mengimbau kepada jajaran SKPD terkait yang ada di Kabupaten Sumedang agar segera menyiapkan rencana aksi untuk vaksinasi.
"Rencana aksi untuk minggu ini agar dipercepat pendataan yang akan menerima vaksin. Untuk Lansia yang akan di vaksin bisa koordinasi dengan lembaga Lansia yang ada di Sumedang. Begitu data sudah siap, warga harus cepat-cepat di vaksin," kata Bupati.
Menurut bupati, untuk menunjang hal tersebut agar disiapkan gedung-gedung yang representatif sebagai Sentra Vaksin seperti Aula Kantor Pemkab, Pendopo, Aula Polres, Aula Kodim dan tempat lainnya. ***edk

(penerbit: sumedangkab.go.id)