SUMEDANGKAB.GO.ID,KOTA - Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan akan ada kajian dari tim gugus tugas, menyusul nol kasus positif Covid-19 di Kabupaten Sumedang. Kajian akan menentukan apakah wilayah Sumedang masuk zona hijau atau tidak.

"Nanti akan ada evaluasi dari tim gugus tugas kabupaten, provinsi, hingga pusat, apakah Sumedang masuk zona hijau atau belum, nanti mereka yang menilai," kata Dony, Minggu (2/8/2020).

Dony menuturkan bahwa sepengetahuannya jika daerah dalam kondisi nol kasus positif Covid-19, maka daerah tersebut masuk zona hijau. Namun kata Dony, ada beberapa indikator yang menentukan apakah Sumedang masuk zona hijau atau lainnya, seperti jumlah kasus positif, kasus kematian, hingga geografis.

"Kalau nol kasus memang seharusnya zona hijau, tapi akan ada kajian epidemologi dulu untuk menentukannya. Akan ada evaluasi secara komperhensif," ujarnya.

Lebih jauh, Dony meminta masyarakat tetap waspada, meski saat ini Sumedang nol kasus positif Covid-19. Ia menggambarkan masih banyak pemudik yang datang dari wilayah Jakarta, Bandung, dan zona merah lainnya.

"Selain itu masih ada tes swab yang hasilnya belum keluar. Jadi harus tetap jalankan protokol kesehatan dengan ketat," tuturnya.***(agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)