Penulis : Pupuh S Wijaya | Editor : Deddi Rustandi

JAKARTA - Kabupaten Sumedang yang memakili kabupaten di ProvinsiJawa Barat meraih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) terbaik ke-2 tingkat nasional. Pencapaian tersebut diumumkan pada acara Anugerah Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) yang diselenggarakan Kementerian PPN/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) di Gedung Bappenas, Menteng, Jakarta Pusat, , Kamis, 29 September 2022.

 

 

Bupati Dony Ahmad Munir saat menerima penghargaan mengucapkan rasa syukurnya karena Kabupaten Sumedang dapat meraih kembali penghargaan di tingkat nasional. "Alhamdulillah saya bersyukur dan berbahagia mendapatkan penghargaan pembangunan daerah tingkat nasional," katanya.

Menurut bupati, Sumedang saat ini mampu memberikan kontribusinya untuk negara melalui inovasi dari hasil pembangunan yang baik dan berkualitas. "Sumedang dipandang telah bisa memberikan inovasi dan mencapai hasil hasil pembangunan yang baik dan berkualitas bagi kemaslahatan semua," ujar bupati.

Bupati berharap penghargaan tersebut menjadi motivasi bagi Pemerintah Kabupaten Sumedang untuk mewujudkan ASN yang berkualitas, memajukan Kabupaten Sumedang dan untuk mensejahterakan masyarakat.  "Mudah-mudahan dengan penghargaan ini menjadikan motivasi Pemda Sumedang untuk bisa meningkatkan kinerjanya dan memajukan Sumedang dalam mensejahterkan masyarakat Sumedang," katanya.

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada semua masyarakat Sumedang dan unsur pemerintah Sumedang yang telah bekerja keras bersama-sama dengan membangun Kabupaten Sumedang. "Kerja keras jajaran aparatur pemerintah, pemangku kepentingan, masyarakat dan doa kita semua. Hari ini Sumedang meraih Penghargaan Kabupaten Terbaik ke-2 Nasional. Sumedang mewakili Provinsi Jabar setelah awal 2022 menjadi Kabupaten Terbaik tingkat Jabar," katanya.

 
Sejak awal tahun 2022 itulah Sumedang melakukan serangkaian presentasi dan verifikasi oleh tim penilai. PPD bagi pemerintah pusat untuk memperkuat koordinasi dan sinkronisasi untuk perencanaan dan pelaksanaan pembangunan nasional dan pembangunan daerah. Bagi pemerintah daerah memberikan motivasi dan pembelajaran untuk pembangunan daerah yang lebih berkualitas. Sedangkan bagi non pemerintah memberikan akses informasi dan keterlibatan akedemisi, organisasi non pemerintah, prosesional, jurnalis dan masyarakat dalam pembangunan daerah.
Penghargaan ini untuk mendorong pemerintah daerah melakukan inovasi secara efektif, efeisien dan berkelanjutan dan ujungnya untuk kesejahteraan masyarakat Sumedang.

Menteri PPN/ Bappenas Suharso Monoarfa memberikan secara langsung piala PPD kepada tiga provinsi terbaik, tiga kabupaten terbaik dan tiga kota terbaik. Pada PPD 2022 kategori kabupaten, terbaik pertama diraih Bantaeng, terbaik kedua Sumedang dab Wonogiri terbaik ketiga. Dikatakan Menteri Suharso, dirinya ingin memberikan dukungan khusus kepada Bupati Sumedang telah telah banyak menciptakan inovasi. "Ini juga saya ingin mendorong Pak Bupati Sumedang yang biasanya inovasinya luar biasa," ujarnya

Menurut menteri Bappenas, Sumedang telah banyak mengeluarkan banyak inovasi yang diharapkan mampu menjawab semua tantangan dan keresahan di masyarakat, tidak hanya di Kabupanten Sumedang tetapi dapat menjulur ke pelosok negeri. "Inovasi yang sudah ada dapat dikembangkan kembali. Menurut saya, kegelisahan ini mudah-mudahan kita bisa jawab bersama-sama," ujarnya. [*]

 

(penerbit: sumedangkab.go.id)