Penulis : Endan Dodi Kusnaedi | Editor : Deddi Rustandi

DPMD - Prestasi kembali diraih Kabupaten Sumedang diawal Tahun 2023, dimana kali ini penghargaan datang dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) untuk Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir.

Pemberian penghargaan diserahkan langsung Menteri PDTT Abdul Halim Iskandar dan diterima Kabid Pemberdayaan Ekonomi Pembangunan dan Kerjasama Desa DPMD Sumedang Iwan Hermawan mewakili bupati yang berhalangan hadir. Penyerahan penghargaan digelar di halaman kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan Kamis (2/2/2023) malam. Turut mendampingi Ketua Forum Bumdesma Kabupaten Sumedang Sri Diyanto Wijaya.

Menurut Iwan, penghargaan yang diterima Bupati Sumedang dari Menteri PDTT atas capaian 100% transformasi pengelola dana bergulir masyarakat eks Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) mandiri pedesaan (MPD) menjadi BUMDesa Bersama LKD.  "Di Kabupaten Sumedang pascaterbitnya PP 11 Tahun 2021 tentang Badan Usaha Milik Desa, Permendes PDTT nomor 3 Tahun 2021 dan Permendes PDTT Nomor 15 Tahun 2021 terdapat 24 UPK UPDB eks PNPM Mandiri Pedesaan yang didorong untuk melakukan transformasi menjadi Bumdesma LKD," katanya.

Dalam pelaksanannya transformasi Bumdesma di Kabupaten Sumedang sebenarnya sudah dilakukan lebih awal sebelum ada regulasi tersebut, sehingga pada pelaksanaannya transformasi tidak dilakukan dari awal tahapan tetapi hanya melakukan penyesuaian di tahapan yang belum dilaksanakan sesuai regulasi. "Saat ini dari 24 UPDB Eks PNPM Mandiri Pedesaan yang memenuhi syarat untuk transformasi, 100%)sudah bertranformasi sesuai regulasi yang berlaku, dan atas dasar itulah Sumedang mendapatkan penghargaan dari Menteri PDTT," katanya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)