GEDUNG NEGARA - Sumedang menjadi salah satu kabupaten yang akan melaksanakan kenormalan baru atau new normal. Rencananya kenormalan baru dilaksanakan setelah PSBB tahap III selesai, Sabtu 30 Mei 2020. Kenormalan baru adalah menjalankan aktivitas normal dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. Menerapkan pola hidup bersih dan sehat mulai dari cuci tangan, memakai masker hingga jaga jarak.

“Tatanan kenormalan baru produktif, waspada dan aman harus dipersiapkan. Hari Rabu (27/5/2020)  dari pagi sampai sore digelar rapat virtual via telekonferensi membahas persiapan kenormalan baru dengan seluruh kepala SKPD terkait ekonomi, para camat serta kepala SKPD bidang pemerintahan,” kata Bupati Dony Ahmad Munir yang memimpin rapat telekonferensi.

Menurutnya, pemerintah menyiapkan standar operasional prosedur, regulasi di setiap unit kegiatan dan melakukan sosialisasi sehingga semua paham dalam menjalankan aktivitas seperti belajar, bekerja dan beribadah yang aman dari penularan korona saat kenormalan baru.

Rencananya, terang Dony, Jumat sore (29/5/2020) saat berakhirnya PSBB III akan dilakukan semacam gladi bersih atau simulasi di tempat ibadah, pusat keramaian, di tempat kegiatan sosial. “Akan ada simulasi menjalankan protokol kesehatan sebelum melaksanakan ibadah. Saya simulasi menjalankan protokol kesehatan sebelum Salat Asar di Masjid Agung juga ada yang  simulasi di tempat aktivitas ekonomi, wisata dan pusat keramaian,” katanya.

Menurutnya,  keputusan pelaksanaan kenormalan baru akan diambil setelah rapat evaluasi Gugus Tugas terhadap pelaksanaan PSBB III. “Hari Kamis ini ada rapat evaluasi Gugus Tugas dan salah satunya membahas kenormalan baru pascaPSBB III berakhir,” katanya. (vrs)

(penerbit: sumedangkab.go.id)