Penulis : Pupuh S Wijaya | Editor : Deddi Rustandi

PPS - Pemerintah Kabupaten Sumedang targetkan masyarakat Sumedang 100 persen bebas dari perilaku buang air besar  sembarangan atau Open Defecation Free (ODF) tahun 2023. Untuk itu, Pj Sekretaris Daerah Tuti Ruswati  melakukan Advokasi percepatan Stop Buang Air Besar Sembarangan dengan Pokja Pengembangan Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PPKP)  Provinsi Jawa Barat di Ruang Rapat Kareumbi, Selasa (7/11/2023). "Capaian ODF di  Sumedang sudah mencapai 95 persen. Masih  ada 13 desa di Kecamatan Jatinangor yang masih belum dituntaskan. Kami akan kumpulkan semua desa tersebut untuk komitmen bersama sehingga masalah ODF bisa diselesaikan,"ujar Tuti.

Tuti juga menyebutkan, target ODF di Sumedang tahun 2023 ini harus mencapai 100 persen dan pemerintah akan berkolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan untuk mencapai target yang ditetapkan.  "Kami akan menentukan arah kebijakan untuk mencapai target ODF 100 persen dan  optimis dengan kebersamaan Sumedang bisa mencapai target ODF tersebut," katanya.

Tuti berharap kerja cerdas dan kerja keras secara sinergis, pentahelix tahun 2023 ODF di Sumedang mencapai 100 persen.  "Masyarakat di Sumedang dapat mengakses sanitasi layak maka itu saya memastikan semua masyarakat di desa tersebut sudah berperilaku Stop Buang Air Besar Sembarangan," ujarnya.

Sementara itu Ketua Tim Kerja Kesehatan Lingkungan Kesehatan Kerja dan Olahraga Agus Sukandar mengatakan,  saat  deklarasi Jakarta seluruh provinsi di Indonesia termasuk Jawa Barat berkomitmen dalam upaya Percepatan SBS menuju air minum dan sanitasi aman untuk Indonesia Sehat. "Untuk itu, dilakukan  advokasi dengan Sumedang terkait komitmen pencapaian ODF,” katanya.

Agus mengapresiasi pencapaian ODF di Kabupaten Sumedang yang telah mencapai 95 persen. “Sumedang sangat luar biasa namun tentunya harus mencapai 100 persen. Ssaya yakin Sumedang bisa mencapai target 100 persen," katanya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)