DISDIK - Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang akan terus melakukan penataan terhadap keberadaan perpustakaan sekolah khususnya untuk sekolah dasar (SD) dengan dilengkapi gedung yang representarif. Tahun 2020 sudah direhab  77 ruang perpustakaan di SD di 23 kecamatan dan pembangunan 6 ruang perpustakaan.

Kasi Sapras SD Disdik Sumedang Masdar mengatakan saat ini masih banyak SD  yang belum memiliki gedung perpustakaan sendiri. "Dari 604 SD baik Negeri maupun swasta baru sekitar 40 persen saja yang telah dilengkapi dengan gedung sarana perpustakaan," jelaa Masdar, Rabu (10/2/202).

Sisanya lanjut Masdar sekitar 60 persen belum memiliki gedung sendiri, namun demikian sesungguhnya mereka telah memiliki perpustakaan dengan memanfaatkan ruang kepala sekolah, ruang guru maupun ruang kelas walaupun memang tidak memadai. Dijelaskan Masdar agar semua sekolah memiliki gedung perpustakaan yang representatif, pihak Disdik akan menciba mengalokasikan anggaran untuk gedung perpustakaan ini secara bertahap. "Ya mulai tahun 2022 nanti, kami akan.mencoba mengalokasikannya secara bertahap baik itu dari APBD, Banprov maupun dari DAK," jelas Masdar.

Lebih lanjut dikatakan Masdar keberadaan perpustakaan ini memang sangat dibutuhkan pihak sekolah guna menunjang keberhasilan pendidikan tentunya dengan sarana prasarana yang memadai. [edk]

(penerbit: sumedangkab.go.id)