SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA - Kelompok petani Cibeureum manfaatkan lahan bekas galian pasir. Sujana kosim penggerak kelompok tani Cibeureum Wetan, memanfaatkan lahan bekas galian pasir dilereng gunung tampomas dengan menanam pohon dan tanaman yang tidak hanya sebatas penghijauan namun juga dapat dimanfaatkan secara langsung oleh masyarakat Sumedang. 
"Lahan bekas galian yang kebanyakan batu-batu dan gersang harus direlokasi agar menjadi subur kembali, pemanfaatan dapat dilakukan dengan menanam tanamah yang dapat tumbuh diarea gersang," ujar Sujana, Senin (8/6/2020).
Sujana atau yang lebih dikenal dengan sebutan Engkos ini merupakan petani asal Sumedang yang pernah mendapat penghargaan  Tokoh Lingkungan Hidup saat kepemimpinan Presiden SBY. 
Engkos juga menambahkan pemanfaatan lahan bekas galian dan penanaman pohon, baiknya dilakukan dengan menanam jenis yang dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai penghasilan bulanan atau tahunan. "Salah satu jenis tanaman yang dapat ditanam dilahan bekas galian adalah buah naga, tidak hanya sebagai pemanfaatan lahan bekas, buah naga dapat jadi penghasilan musiman bagi masyarakatnya," tambahnya. 
Engkos mengajak masyarakat seluruh masyarakat Sumedang untuk memanfaatkan hal-hal sederhana agar lingkungan tetap bersih dengan cara mendaur ulang kembali bahan bekas yang telah dipakainya menjadi bahan lainnya.*** (Rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)