Tanam Talas untuk Ketahanan Pangan di Paseh


Baca juga : Surian Buat Posko Pemantauan di Perbatasan untuk Pencegahan Covid19
Desa Sukawening Siapkan Destinasi Wisata Pertanian
Sumedang Mendapat 78.389 Keluarga Penerima Mamfaat Program BPNT


SUMEDANGKAB.GO.ID, PASEH – Masa pandemi korona membuat Pemerintah Kecamatan Pangan harus menciptakan ketahanan pangan bagi warganya. Camat Paseh Nandang Suparman mengatakan, pangan menjadi sektor penting di tengah pandemi Covid-19 yang melanda saat ini sehingga pemerintah kecamatan berharap pasca pandemi covid 19, Sumedang tidak kekurangan stok pangan khususnya di wilayah Kecamatan Paseh.

"DI masa pendemi kemarin, ketahanan pangan jadi kekuatan utama untuk tetap bertahap di tengah wabah penyakit,” kata Camat Paseh Drs.  H Nandang Suparman  saat peresmian pembukaan Penanaman Talas yang diselenggarakan oleh Babinsa, Babinkamtibmas dan Karang Taruna Desa Pasireungit serta launching Kampung Tohaga Budidaya Ikan Nila Untuk Ketahanan Pangan, bertempat di kampung Caneang Desa Haurkuning Kecamatan Paseh, Senin (22/6/2020).

Menurut Nandang, dinas yang bertanggungjawab terhadap penyediaan pangan adalah UPT Dinas Pertanian Kecamatan Paseh yang akan menyiapkan berbagai strategi dalam menghadapi tantangan ketahanan pangan, khususnya dalam situasi pandemi wabah penyakit.

Ia mengatakan, untuk meningkatkan produksi pangan dan menjaga agar petani tetap berproduksi, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan telah memberikan stimulus mempercepat bantuan sarana dan prasarana pertanian. Dan pemerintah kecamatan mendukung sarana lainnya.

Sementata Batibung Pos Koramil Paseh Peltu Agus menambahkan,  upaya untuk mewujudkan kemandirian pangan juga dilakukan optimalisasi pekarangan dan lahan melalui kegiatan Pertanian Keluarga dan Pekarangan Pangan Lestari (P2L).  Kegiatan ini membantu memenuhi kebutuhan pangan keluarga di tengah pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini.***(nsa)


korona, pertanian, pangan

Berita Terkait