SUMEDANGKAB.GO.ID, DPUPR – Target jalan mulus di Tahun 2023 diyakini bakal tercapai. Salah satunya adalah dengan memfokuskan peningkatan kualitas beberapa ruas jalan di Tahun 2020 nanti.

“Target jalan mulus optimis tercapai karena kami akan fokus tahun depan untuk peningkatan kualitas jalan,” kata Kepala Dinas PUPR Deni Rifdiana, Sabtu (21/12/2019).

Menurut Deni, bantuan Dana Alokasi Khusus Tahun 2020 difokuskan untuk meningkatkan ruas jalan demi mencapai target jalan mulus di 2023 ini. Hal ini sudah menjadi komitmen Dinas PUPR untuk mewujudkan Sumedang Simpati. Selain itu, dinas ini juga senang jika tupoksinya dalam peningkatan kualitas jalan dapat segera tercapai dengan mudah dan cepat.

Deni menyebutkan, jalan yang akan ditingkatkan adalah melalui sistem rigid dan hotmix. Terdapat puluhan ruas jalan yang akan ditingkatkan kualitasnya.

Untuk merealisasikan rencana ini, pihak DPUPR sampai saat ini hingga nanti masih akan berkoordinasi dan melakukan asistensi dengan pemerintah pusat. Dinas PUPR masih berharap jumlah bantuan DAK masih bertambah dari informasi yang didapatkan sekarang.

DAK Tahun 2020 untuk bantuan perbaikan jalan di Dinas PUPR dialokasikan sebesar Rp. 21,2 milyar. Pemkab Sumedang melalui Dinas PUPR awalnya mengajukan bantuan DAK sebesar Rp. 900 milyar, namun pihak Kementerian hanya mendapatkan sebesar Rp. 21, 3 milyar. Setiap kabupaten/kota menerima bantun itu relatif hampir sama, namun diantaranya ada yang mendapatkan bantuan DAK sebesar Rp. 35 milyar atau sesuai dengan kondisi kerusakan jalan.***(vrs)

(penerbit: sumedangkab.go.id)