BUAHDUA - Memasuki satu pekan lebih pelaksanaan Kegiatan Akselerasi Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Tim II yang dipimpin oleh Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan kembali melakukan pemantauan langsung kesetiap perangkat daerah (SKPD).

Setelah sebelumnya dilaksanakan di kecamatan Cimalaka dan Kecamatan Paseh, kali ini, Rabu, (1/7/2020), kegiatan Akselerasi Evaluasi SAKIP dilaksanakan di 2 (dua) Kecamatan yaitu Kecamatan Buahdua dan Kecamatan Conggeang.

Dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Erwan Setiawan didampingi Asisten Administrasi Nasam melakukan pemetaan terhadap perkembangan pelaksanaan akuntabilitas kerja dan memberikan masukan guna perbaikan dan percepatan reformasi birokrasi serta akuntabilitas kinerja.

Wabup Erwan mengatakan, berdasarkan hasil Evaluasi SAKIP 2018 di tiap kecamatan realisasinya masih jauh dari target kinerja yang telah diperjanjikan. Ia pun mengaku dapat memaklumi kondisi tersebut dan hal ini memang sudah diprediksi dari sejak awal.

"Tertinggi saja di Cimanggung hanya 52, kedua Paseh 51, kemarin Cimalaka 50, hari ini di Buahdua hanya 42 begitu juga Conggeang hanya 30. Ini kita maklumi karena masih banyak yang belum tahu baik kecamatan dan desa, apa itu SAKIP dan bagaimana mereka meningkatkan SAKIP," tuturnya.

Kaitan hal itu, Wabup mengharapkan, melalui kegiatan akselerasi evaluasi SAKIP ini dapat memberikan masukan aspek mana yang harus diprioritaskan. Dikatakannya, dari semua aspek, perencanaan kinerja memiliki bobot nilai tertinggi yaitu 30 % dan berpengaruh terhadap aspek lainnya.

"Segala sesuatu berangkat dari perencanaan, maka setiap datang ketiap SKPD maupun kecamatan saya sampaikan, tolong perencanaan kinerja ini minimal 90,% maka yang lainnya akan mengikuti. Target kita A bahkan kalau kita fokus AA bisa tercapai. Segala sesuatu tergantung dari kualitas niat, perhatian, perencanaan dan juga fokus kita terhadap pekerjaan," jelasnya. [hms/rsi]

(penerbit: sumedangkab.go.id)