DINKES -  Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang terus mempersiapkan diri jelang pelaksanaan vaksinasi Covid 19 yang rencananya akan mulai digelar pada tahun 2021 mendatang.

Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang dr Reny K Anton mengatakan salah satu persiapan yang telah dilaksanakan adalah dengan mengikutsertakan petugasnya untuk kegiatan pelatihan vaksinisasi. "Ada 37 petugas vaksinator (orang yang menyuntikan vaksin,red) yang kami kirim untuk mengikuti kegiatan pelatihan yang digelar di Ciloto Bogor," jelas dr Reny Rabu (16/12/2020).

Ditambahkan Reny ke 37 petugas vaksinator yang mengikutii pelatihan ini merupakan perwakilan dari 35 puskesmas yang ada di Sumedang dan 2 orang dari Dinas Kesehatan. Lebih lanjut dikatakan dr Reny selain 37 petugas vaksinator, pihaknya juga akan mempersiapkan ratusan tenaga media lainnya yang tersebar di puskesmas puskeamas untuk membanti kegiatan vaksinasi  meliputi tenaga dokter, perqwat dan juga bidan. "Sejauh ini kami dari Dinkes memang belum mendapattkan jadwal pasti kapan vaksin Covid 19 akan dilaksanakan, namun demikian tentunya segala persiapan harus dilaksanakan agar pada waktunya tidak kerepotan," katanya.

Sarana prasarana pendukung telah dipersiapkan pihak Dinkes termasuk keberadaan kulkas untuk menyimpan vaksin sebelum diberikan pada masyarakat. "Dalam teknis pelaksanaanya vaksinasi akan dilakukan oleh fasilitas kesehatan milik pemerintah seperti .puskesmas," katanya. (end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)