Terbantu dengan Program LDPM


Baca juga : Terbantu dengan Program LDPM
OTD Jatigede Budi Daya Sorgum
KEK Jatigede Harus Tuntas Dalam 2 Tahun


SUMEDANGKAB.GO.ID, MEKARASIH -Para petani di Desa Mekarasih, Kecamatan Jatigede yang tergabung dalam Gapoktan Karyamekar mengaku terbantu oleh program LDPM (Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat).  Selain akan terjamin ketersedian pangan, program tersebut juga bisa mengembangkan usaha para petani.

Pengelola Gapoktan Karyamekar, Sihabudin, menyebutkan bantuan yang diterima berupa pembangunan gudang dan 10 ton gabah tersebut kini terus bergulir dan telah menghasilkan keuntungan bagi petani.

"Gabah sebanyak 10 ton tadi, sebanyak 8 ton dipergunakan distribusi pangan dan 2 ton untuk cadangan pangan. Maksudnya distribusi pangan, yaitu kelompok LDPM, bisa mempunyai usaha yaitu jual beli gabah, dan keuntungannya untuk pengembangan kas dan kesejahteraan anggota kelompok," ujarnya, Jumat (18/2/2021).

Pada keberlangsungannya, kelompok pemanfaat LDPM juga bisa menampung hasil panen anggotanya. Dengan demikian perguliran usaha tidak keluar dari kelompok.

Digambarkan, untuk cadangan pangan sebanyak 2 ton gabah bisa di pinjam oleh anggota kelompok atau warga masyarakat yang membutuhkan. Dengan ketentuan satu orang petani atau warga boleh meminjam gabah sebanyak 2 kuintal. Kemudian warga yang meminjam tersebut diwajibkan membayar jasa 10% untuk kemajuan kelompok dan penambahan cadangan pangannya.

"Yang 10 persen juga itu hasil musyawarah bersama. Pengembalian ke kelompok biasanya dilakukan per musim panen atau disebut yarnen (bayar panen), supaya masyarakat tidak merasa keberatan. Alhamdulillah dengan adanya cadangan pangan masyarakat sangat terbantu untuk kebutuhan makan," tuturnya.

Dikatakan, Program LDPM akan menjadi solusi pencegahan rawan pangan bagi warga eks genangan Jatigede.***(agn)


LDPM, mekarasih, jatigede

Berita Terkait