SUMEDANGKAB.GO.ID, PEMKAB – Sekretaris Daerah Pemkab Sumedang Herman Suryatman menyebutkan, dari empat indikator keberhasilan pelaksanaan AKB, tiga indikator yakni efektivitas Perbup, jumlah dan sebaran kasus sudah cukup baik, namun tetap perlu terus dijaga dan ditingkatkan.

"Satu indikator lainnya dinilai masih sangat kurang yakni produktivitas masyarakat yang sesuai Protokol Kesehatan sehingga perlu ekstra dorongan untuk lebih diupayakan bersama-sama. Tempat wisata perlu mendapatkan perhatian khusus karena paling banyak ditemukan kasus lainnya," kata sekda pada kegiatan rapat evaluasi AKB di Pendopo Kantor Pemkab Sumedang, Rabu (1/7/2020).

Ditambahkan sekda, upaya pencegahan dan deteksi kasus sudah diupayakan dengan cukup baik. Hal tersebut dibuktikan dengan semakin banyaknya pengujian masif melalui PCR maupun Rapid Test yang dilakukan dengan hasil jumlah kasus positif yang tidak bertambah signifikan, bahkan angka kesembuhan jauh lebih dominan.

"Nilai Reproduksi (Rt) sebesar 0,37 atau semakin mendekati 0 dan Transmission Indeks sebesar 16 %  atau mendekati minimal 10 %. Hal ini dapat disimpulkan bahwa untuk sementara penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sumedang selama masa AKB relatif terpetakan dan terkendali," tutur Sekda.***(end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)