Penulis : Agun Gunawan | Editor : Deddi Rustandi

GARUT - Tim Kontingen Pekan Olahraga dan Seni Antar Santri Diniyah (Porsadin) Kabupaten Sumedang berhasil memboyong empat piala dalam ajang Porsadin ke-6 Tingkat Provinsi Jawa Barat yang digelar di Kabupaten Garut.

Ketua FKDT Kabupaten Sumedang Nurony Octora menyebutkan, empat piala itu diraih dari empat kategori. Yakni Juara 2 Kaligrafi Putra, Juara 3 Pidato Bahasa Arab Putri, Juara 3 Tenis Meja Putra dan Juara 2 Tenis Meja Putri. "Alhamdulillah, meskipun diluar target semula. Bisa meraih juara 2 dan 3 di ajang tingkat provinsi cukup membanggakan karena para santri diniyah sudah bisa menunjukan tingkat kompetisi yang begitu ketat di ajang yang lebih tinggi ini," katanya.

Lebih jauh, Nurony juga mengucapkan terimakasih kepada sejumlah pihak yang sejak awal berpartisipasi aktif dalam mempersiapkan tim Porsadin kabupaten. "Atas nama pribadi dan juga DPC FKDT Sumedang kami mengucapkan terima kasih yang setinggi-setinggi kepada bupati Sumedang, Kepala Kemenag dan jajarannya, seluruh pengurus FKDT dan PAC, official dan atlet asal Sumedang, kepala dan guru diniyah se Kabupaten Sumedang serta masyarakat Sumedang umumnya," ujarnya.

Porsadin yang diikuti santri madrasah utusan 27 Kota/Kabupaten se-Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Garut keluar sebagai peraih Juara Umum. Dalam Porsadin tahun ini terbagi dalam dua kategori yakni olahraga dan seni, dalam olahraga ada beberapa cabang olahraga (Cabor) yang akan dipertandingkan yakni Badminton, Tenis Meja, Catur Cepat, dan Lari Cepat.

Sedangkan untuk seni, ada beberapa cabang perlombaan yakni Kaligrafi, Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Arab, Tahfidz Quran, Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ), Musabaqoh Qiraatul Kutub (MQK), Murotal Wal Imla’, dan Cerdas Cermat Diniyah (CCD). Juara dari masing-masing cabang nantinya akan mewakili Provinsi Jawa Barat dalam pelaksanaan Porsadin tingkat nasional pada November 2022 nanti. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)