KERTAMUKTI - Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) digelar di Desa Kertamukti Kecamatan Tanjungmedar untuk membangun  poros jalan desa, penghubung Desa Kertamukti dengan Desa Sukamukti dan Desa Cikaramas. "Jalan yang dibangun sepanjang 1,3 kilometer, lebar 2,5 meter. Kemudian pembuatan bronjong sepanjang 10 meter di pinggir jalan yang dibangun, guna mencegah longsor," kata Dandim 0610/Sumedang, Letkol. Inf. Zaenal Mustofa  saat pembukaan secara resmi TMMD ke 110, Selasa (2/3/2021).

Sebelumnya, Babinsa bersama masyarakat sudah membangun sepanjang 400 meter. Untuk sisanya akan dibangun oleh 150 personel dari Batalyon Arhanud 14/PWY, Batalion Zipur 3/Yudha Wyoghra, Batalyon Infanteri Raider 301/PKs, dan Batalyon Armed 4/Parahiyangan. "Secara resmi akan dikerjakan mulai tanggal 2-31 Maret 2021," katanya.

Danrem 062/TN, Kolonel M. Muchidin mengatakan, pihaknya berharap pembangunan pada TMMD hasilnya dapat dinikmati masyarakat dan menunjang pembangunan di Kabupaten Sumedang. "Kita lihat dari awal poros jalan ini hanya jalan tanah, bahkan jalan setapak.  Jalan  bisa dilintasi kendaraan, minimal kol bak yan bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mengangkut hasil bumi untuk dijual," katanya.

Ia pun mengimbau kepada personel dan masyarakat yang ikut serta agar tetap mematuhi protokol kesehatan saat proses pembangunan. Jangan sampai muncul klaster baru Covid-19. "Tetap patuhi protokol kesehatan, agar tercapai dua hasil, yakni tercapainya peningkatan ekonomi dan kesehatan," ujarnya. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)