Penulis : Deddi Rustandi | Editor : Deddi Rustandi

PADASUKA - Tembok Penahan Tanah (TPT) Sungai di blok Pangjeleran, Desa Padasuka, Kecamatan Sumedang Utara selesi dibangun. Pembangunan TPT Sungai ini  menindaklanjuti banjir akibat Sungai Cipeles meluap saat hujan lebat. Banjir masuk kepemukiman warga. "Alhamdulillah telah dilaporkan oleh Dinas PUTR dan ditindaklanjuti oleh Pihak BBWS Cimanuk Cisanggarung dengan melakukan pembangunan TPT Sungai sepanjang sepanjang 120 Meter dan Tinggi TPT 4 Meter," kata Sekretaris Dinas PUTR Sonny Nurgahara.

menurutnya, TPT Sungai ini diharapkan dapat mencegah luapan air sungai yang akan masuk ke wilayah permukiman warga sehingga pada saat curah hujan tinggi dan debit air sungai meningkat maka banjir dapat dikendalikan. Pekerjaan TPT Sungai  juga telah dibangun Jalan Inspeksi serta penataan sarana dan prasarana tempat bermain untuk anak anak bagi warga sekitarnya. "TPT SUngai serbaguna karena da sarana bermain anak-anaknya," kata Sony.

Pembangunan TPT ini disambut gembira warga di Pangjeleran. "Sekarang tidak banjir lagi kalau hujan lebat. Air Sungai Cipeles memang melupa tapi tertahan TPT dan air tidak masuk ke pemukiman," kata warga setempat. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)