CISITU - Sumedang tak akan lama lagi akan memiliki sirkuit grastrack dan motorcross berstandar nasional. Ketua Korwil Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kabupten Sumedang, Yudi Purwana menyebutkan sirkuit tersebut rencana dibangun awal Maret 2020.

Lokasi pembangunan sirkuit di kawasan Batudua, Desa Linggajaya, Kecamatan Cisitu tak jauh dari kawasan take off olahraga paralayang. "Inisiator pembangunan sirkuit adalah  IMI. Sampai saat ini baru tahapan selesai desain," ujar Yudi, Minggu (9/2/2020).

Yudi menambahkan pembangunan sirkuit juga bekerjasama dengan BUMDes  Linggajaya. Belum ada pihak sponsor dan rencana anggaran juga sedang dalam progres.  "Masalah dana masih di bikin RAB nya. Untuk sementara ini belum ada sponsor," kata Yudi.

Menurutnya,  sirkuit akan dibangun sesuai skala nasional dengan spesifikasi panjang lintasan sekitar 1.200 meter dan lebar 4 meter. Kemudian untuk nama sirkuit mengambil nama Sirkuit Panorama Batudua Indah.  “Harapan kami mudah-mudahan pembagun dapat berjalan dengan lancar dan nanti bisa meningkatkan destinasi wisata di Kabupaten Sumedang. Serta sirkuit dapat di pakai even-even nasional sehingga bisa melahirkan atlet Sumedang yang handal. Lebih jauhnya bisa menjadikan pendapatan khususnya untuk Desa Linggajaya " tuturnya.

Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan melalui akun instagramnya mengunggah komentar "Wargi Sumedang Insyaallah di awal maret nanti akan di bangun sirkuit gasstrack & motorcross, di Panorama Batu Dua Indah yang terletak di Desa Lingga Jaya Kecamatan Cisitu Kabupaten Sumedang, doakan prosesnya berjalan dengan lancar, hasilnya sesuai harapan dan selesai pada tepat waktu. hatur nuhun.”  (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)