SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA – Setelah berhasil menyuguhkan karya “Tulung Lutung” pada lomba di tingkat Provinsi Jabar, para seniman muda SMKN 1 ini kemud ian didaulat untuk menjadi wakil dari Provinsi Jawa Baratpada ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Jenjang SMK Ttahun 2020.

"Kami senang bahwa sudah ada pengumuman bahwa kami (SMKN 1 Sumedang) berhasil memenangkan lomba di tingkat Jabar dan bersiap menjadi wakil Jabar di tingkat nasional," ujar Adi Kurniawan,  Kepala Jurusan Seni Karawitan SMKN 1 Sumedang, Kamis (24/9/2020)

Adi mengatakan, meski pada tahun ini, pelaksanaan kegiatan FLS2N dilakukan secara virtual, sehingga terasa sangat berbeda. Namun demikian pihaknya tetap berusaha menjaga semangat berkarya dengan tetap memacu siswanya untuk menampilkan yang terbaik ditengah pandemi ini.

Adi menggambarkan, konsep Tulung Lutung merupakan karya musik komposisi baru yang berakar dari salah satu permainan tradisional anak-anak Sunda jaman dahulu yang di sebut 'paciwit-ciwit lutung'.

Dari cerita itu kemudian diimplementasikan serta diaktualisasi dalam bentuk karya musik yang dominan menyajikan alat musik tradisional Sunda. Antara lain, suling, bonang, jenglong, terompet, saron, kecapi dan kendang.

 

Adi menambahkan penyajian musikalitas dengan tema Tulung Lutung pada FLS2N tingkat Jabar itu ditampilkan oleh 5 siswa jurusan seni karawitan. Antara lain, Bhisma Raka Nalendra, Fajar S. Maulana, Fikri Ikhsan Nurhakim, Ghany Rizki Maulana dan Ihsan Fauzi. Bimbingan berasal dari tim para guru seni, diantaranya, Wendi Pancasura, Taufik Candiansyah.

"Kami ucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada ibu kepala sekolah Elis Herawati yang selalu memotivasi dan memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan FLS2N 2020 dan semua keluarga SMKN 1 Sumedang," ucap Adi.

Kepala Sekolah SMKN 1 Sumedang Elis Herawati mengaku bangga atas perjuangan tim FLS2N yang kembali bisa mewakili Jabar ke tingkat nasional. Karena pada ajang FLS2N 2019 juga tim SMKN 1 menjadi Jabar di tingkat nasional. Bahkan menjadi tim terbaik pada salah satu kategori.***(nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)