SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA - Melalui video virtual, Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud menyiarkan bahwa Pertunjukan Tulung Lutung yang disajikan Tim Karawitan SMKN 1 Sumedang sebagai wakil Provinsi Jawa Barat sukses  menyabet medali emas. Raihan prestasi ini sekaligus menjadikan Tim Karawitan SMKN 1 Sumedang bercokol menjadi juara nasional di ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) pada kategori musik tradisional daerah (MTD) sebagai penyaji terbaik. Tim Karawitan SMKN 1 Sumedang juga berhasil menjadi juara nasional setelah mengungguli pesaing lainnya diantaranya perwakilan, Provinsi Sulawesi Selatan, Bali dan Jawa Tengah.

Di ajang nasional ini, tim menyajikan karya musik tradisi yang bertemakan 'Tulung Lutung'.
Konsep 'Tulung Lutung' merupakan karya musik komposisi baru yang berakar dari salah satu permainan tradisional anak-anak Sunda jaman dahulu yang di sebut 'paciwit-ciwit lutung'.
Dari cerita itu kemudian diimplementasikan serta diaktualisasi dalam bentuk karya musik yang dominan menyajikan alat musik tradisional Sunda. Antara lain, suling, bonang, jenglong, terompet, saron, kecapi dan kendang.
"Berkat kegigihan anak-anak kami dalam berlatih menghasilkan karya yang terbaik di tingkat nasional. Kami bangga bisa berprestasi meski dalam kondisi pandemi," ujar Kepala Sekolah SMKN 1 Sumedang, Elis Herawati, Kamis (8/10/2020).
Elis mengatakan, meski pada tahun ini, pelaksanaan kegiatan FLS2N dilakukan secara virtual, sehingga terasa sangat berbeda. Namun demikian prestasi ini akan melecut semangat para siswa untuk memberikan karya terbaik.
Kepala jurusan Seni Karawitan, SMKN 1 Sumedang, Adi Kurniawan mengatatakan penyajian musikalitas dengan tema 'Tulung Lutung' yang mengantarkannya menjadi  juara FLS2N tingkat nasional  pada kategori musik tradisional itu ditampilkan oleh 5 siswa jurusan karawitan. Antara lain, Bhisma Raka Nalendra, Fajar S. Maulana, Fikri Ikhsan Nurhakim, Ghany Rizki Maulana dan Ihsan Fauzi.
"Sangat terharu setelah menjadi wakil Jawa Barat kemudian kami juga di tingkat nasional mampu bersaing dengan provinsi-provinsi yang memiliki kqrakter kuat dalam musik tradisional seperti Bali, Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Sumatera Barat dan lainnya," tutur Adi.
Prestasi ini, kata Adi di persembahkan untuk masyarakat Jawa Barat khususnya Kabupaten Sumedang.*** (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)