SUMEDANGKAB.GO.ID, CIBUGEL- UMKM dan koperasi bisa membuat hubungan baik yang saling menguatkan dan menguntungkan. Untuk itu, pelaku UMKM di Cibugel diimbau untuk menguatkan kelembagaan koperasi karenda dapat saling menunguntungkan.

“Untuk mengembangkan kembali perkoperasian di desa-desa pihaknya sudah memberikan arahan, diantaranya penguatan sinergitas antar pihak pemerintah desa dengan pelaku UMKM,” kata Camat Cibugel, Cicin Sondali, Minggu (9/8/2020)

Dicontohkan cicin, sejumlah kelompok pelaku UMKM yang notabene berada di setiap desa bisa bekerjasama dengan semua pihak dalam membentuk lembaga koperasi. Dengan demikian ada upaya sinergis antara pelaku UMKM dan pemdes serta pemerintah kecamatan.

"Pelaku UMKM yang ada di desa sadar koperasi. Kami berupaya akan menata kembali pentingnya  perkoperasia dari mulai mengajak pelaku usaha, intansi, kelompok apapun untuk kembali membentuk koperasi dimasing-masing tempat," katanya.

Ia menyebutkan, sinergitas antar pelaku usaha dan pemerintah daerah sangat dperlukan. Sebab masing-masing mempunyai peran yang bisa disinergikan.

"Pembinaan usaha ada bidangnya, jika perlu saran industri juga ada bidangnya, kemudian penguatan koperasi juga ada bidangnya dan terakhir tentunya terkait perdagangan juga ada bidangnya. Jika ini sinergi tentunya akan solid dan menghasilkan lembaga yang kuat. Lebih jauhnya, misalnya seperti UMKM kan bisa berjalan dengan bagus," ujarnya.

Dengan demikian, kata dia, seperti sektor pemberdayaan koperasi nantinya akan mempermudah membantu koperasi dan bisa lebih jauh memberikan pelatihan koperasi.***(nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)