TANJUNGKERTA - Gerai UMKM Gempita (Gerai Ekonomi Mikro Produksi Industri Tanjungkerta) kini sudah bisa menampung sekitar 250 produk dari sebanyak 12 desa yang ada di Kecamatan Tanjungkerta. "Alhamdulilah hingga sekarang produk yang di simpan di Gempita ini semakin bertambah. Sekrang sudah ada 250 produk yang dikoordinir oleh setiap ketua unit  forum UMKM desa masing-masing," ujar pengurus Gempita Nurul Hida, Jumat (13/11/2020).

Dikatakan Nurul, Gempita adalah gerai  UMKM yang ke 9 di Kabupaten Sumedang yang di resmikan berkat swadaya para pelaku anggota  UMKM dan masyarakat Kecamatan Tanjungkerta.  Gempita sendiri kata dia, sebelumnya telah diresmikan Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir pada 21 Oktober 2020. Gempita ini selain jadi sentra oleh- oleh Kecamatan Tanjungkerta sekaligus sebagai sekretariat forum UMKM untuk bisa membantu para pelaku usaha terkait info perijinan, sharing prodak dan pengembangan pemasaran.

Selain sebagai wadah pemasaran offline, gerai Gempita juga memiliki toko online shop bernama Gempita. Lokasi gerai Gempita berlokasi di Jalan Pasirhuni,  Jingkang No.03 RT.01/ RW. 01, Desa Sukamantri.  "Kami berharap Gempita bisa lebih maju dan berkembang dengan menjaga terus kekompakan anggotanya. Karena dengan adanya gerai eebagai pusat oleh-oleh bisa membantu dalam pemasaran produk unggulan yang ada di Kecamatan Tanjungkerta bisa lebih dikenal dan diminati oleh seluruh masyarakat baik dari dalam maupun luar daerah," tutur Nurul. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)